7 Alasan MotoGP Mandalika 2023 Sukses

taufan2

LOMBOK–MotoGP Mandalika 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok –NTB, Minggu (15/10/2023), mengantarkan Rider Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, menjadi jawara disusul Maverick Vinales (Aprilia Racing) dan Quartararo (Monster Energy Yamaha).  Kesuksesan penyelenggaraan event ini tidak terlepas dari kesiapan kepanitiaan dan dukungan dari pemerintah dan masyarakat.

”Saya mungkin termasuk satu dari banyak orang yang tadinya merasa khawatir bahwa MotoGP 2023 akan kembali mengulang kejadian banyaknya penonton yang terlantar dan terjebak kemacetan hingga berjam – jam disaat usai balapan. Alhamdulillah hal itu tidak terjadi di tahun ini, kemacetan yang terjadi masih dalam batas normal, skenario pembagian arus lalu lintas berjalan sesuai harapan” ungkap Taufan Rahmadi, Anggota Tim Monev dan Akselerasi KEK Pariwisata Kemenparekraf RI dalam rilisnya melalui whatsapp group.

Taufan mencatat paling tidak ada tujuh keberhasilan MotoGP 2023 yakni :

1. Penanganan Logistik dan penumpang MotoGP 2023 di Bandara Internasional Lombok berjalan mulus , tidak ada kasus – kasus di luar SOP seperti yang diberitakan terjadi di MotoGP India terjadi di Indonesia.

2. Manajemen Tiket dengan lokasi penukaran tiket yang tersebar dibeberapa tempat dengan loket yang banyak serta ditunjang dengan sistem digitalisasi telah mampu menghindari antrean dan penumpukan para spectator yang akan menukarkan tiketnya.

3. Para Broker kamar hotel yang mengambil keuntungan penjualan dari harga kamar  diluar batas kewajaran selama periode MOTOGP 2023 kali ini kena batunya , mereka mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.

4. Infrastruktur sirkuit seperti areal parkir yang luas saat ini sudah membuat para penonton yang datang baik dengan mobil, bus ataupun sepeda motor lebih tertib aman dan nyaman dalam memarkirkan kendaraannya.

5. Para Tim pembalap menikmati MOTOGP 2023 tanpa dihantui oleh bayangan ketakutan akan susahnya pengurusan visa , keamanan , dan ancaman binatang – binatang yang mematikan seperti ular berbisa , malah para pembalap membawa serta keluarganya untuk berlibur di obyek – obyek wisata yang berada tidak hanya di lombok tetapi juga di Bali.

6. Tim Marshal lokal NTB telah menunjukan profesionalitasnya sebagai Marshal klas dunia , tidak heran jika mereka banyak mendapat pujian baik dari dorna ataupun para spectator.

7. Brand Wonderful Indonesia sebagai Country Branding hadir dengan kuatnya tidak hanya berada di titik2 strategis di dalam dan diluar sirkuit tetapi juga ada di Bukit 360 , salah satu spot terindah di KEK Mandalika.

”MotoGP 2023 telah usai, kabar terakhir dari dorna jumlah penonton tembus 102 ribu penonton , ini adalah kabar baik pasca covid 19 berakhir” lanjutnya. Hal ini membuat semua optimis MotoGP 2024 akan terus menjadi lebih baik dan sukses. ” Kuncinya adalah di kolaborasi semua pihak dari pusat hingga daerah, inilah yang menjadikan MotoGP 2023 indah pada akhirnya , selain tentunya kemudahan yang diberikan Allah SWT , Tuhan yang Maha Kuasa”, harapnya. (G-01/foto:kolase)

Posted in

BERITA LAINNYA

Pj. Gubernur Suganda Silaturahmi ke PWNU, Berharap Sinergi Bangun Babel

PANGKALPINANG—Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Babel hari ini, Senin (15/5/2023),…

Ahsan; Setapak Jalan dari Kades Menuju Wakil Bupati Sangat Realistis

GETARBABEL.COM, BANGKA- Sekretariat DPC Partai Gerindra Kabupaten Bangka terletak di…

Jelang Pilkada 2024, Polres Bangka Siaga Jaga Kantor KPU dan Bawaslu

GETARBABEL.COM, BANGKA — Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bangka 2024,…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI