Tercatat 360 Keluhan Masyarakat Babel terkait Pinjol dan Investasi Ilegal

IMG_20240717_214422

GETARBABEL.COM, BELTIM– Kepala Otorias Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung, Tito Adji Siswantoro megungkap  data OJK sejak 1 Januari 2023 s.d. 31 Mei 2024, terdapat keluhan masyarakat Provinsi Babel mengenai investasi ilegal sebanyak 13 keluhan dan pinjaman online ilegal sebanyak 347 keluhan. 

Menurutnya meskipun kegiatan literasi dan edukasi keuangan telah dilaksanakan secara masif di berbagai daerah baik perkotaan maupun perdesaan, masyarakat belum sepenuhnya terhindar dari jerat investasi ilegal, pinjaman online ilegal dan judi online. 

Hal ini disampaikan Tito dalam kegiatan Edukasi Keuangan bagi Nelayan. Kegiatan yang berlangsung di Auditorium Zahari MZ, Rabu (17/7/24). Kegiatan ini diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI dan Bagian Ekonomi Pembangunan Sekretariat Daerah setelah sehari sebelumnya di tempat yang sama OJk menggelar “Desaku Cakap Keuangan”. 

Lebih lanjut Tito menjelaskan bahwa pada keluhan pinjaman online ilegal, korban paling banyak mengeluhkan perilaku penagihan dan keberatan pencairan pinjaman tanpa persetujuan,” ungkap Tito.

Foto : Edukasi Keuangan bagi Nelayan oleh OJK Sumsel dan Babel

Untuk itulah Mantan Kepala OJK Provinsi Bengkulu ini menghimbau agar masyarakat berhati-hati apabila mendapatkan penawaran produk layanan jasa keuangan baik itu investasi maupun pinjaman berbasis online. Masyarakat harus terlebih dahulu memastikan 2L yaitu Legal dan Logis. 

“Jangan mudah tergiur, pastikan aspek legalitasnya apakah berizin dari OJK dengan mengeceknya melalui Kontak OJK di nomor telepon 157 atau melalui layanan Whatsapp di nomor 081157157157. Lalu waspadai aspek Logisnya jika imbal hasil atau bunga yang ditawarkan tidak masuk akal dengan membandingkan pada rata-rata di produk atau layanan keuangan berizin di OJK,” pesan Tito. (getarbabel.com/ISR/Diskomonfo SP Beltim-@2!/foto: Kepala OJk Sumsel dan Babel, Tito Adji Suswantoro)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kajari Beltim harap Pengawasan Dana Desa lebih Opimal melalui “Sisanti Jajak Gede”

GETARBABEL.COM, BELTIM– Bertempat di aula Kajari Beltim, Senin (24/6/2024), Kepala…

Hari Lalu Lintas Bhayangkara ke-69, Polres Bangka Bantu Tukang Ojek hingga Purnawirawan

GETARBABEL.COM, BANGKA — Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka mengadakan…

Program “Electrifying Agriculture” PT PLN Sukses Tingkatkan Produktivitas Petani

ENREKANG–Hadirnya listrik PLN yang didukung program electrifying agriculture (EA) dari…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI