Rahmat Gobel Kunjungi PT BAA, Dorong Pemda Bantu Kembangkan Industri Bahan Pangan

a49482e4-6724-4305-bf09-676fab165d55

GETARBABEL.COM, BANGKA — Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel bersama anggota DPR RI lainnya dan staf mengunjungi pabrik tepung tapioka dan sagu PT Bangka Asindo Agri (BAA) di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis (23/05/2024).

Kedatangan mantan menteri perdagangan ini ke PT BAA disambut langsung owner PT BAA, Fidriyanto alias Abo dan para manager, juga Kapolres Bangka AKBP Toni Sarjana , perwakilan Lanal Babel, perwakilan Dandim Bangka dan lainnya.

Owner PT BAA, Fidriyanto alias Abo mengatakan sangat menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel dan rombongan ke PT BAA untuk melihat proses produksi bahan pangan tepung tapioka dan sagu di sini.

“Beliau kita tau adalah juga pemilik perusahaan besar nasional, namun beliau meluangkan waktunya untuk mengunjungi PT BAA, kami ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada beliau dan rombongan,” kata Abo.

Sementara itu Rahmat Gobel, Wakil Ketua DPR RI mengatakan kedatangannya ke PT BAA dalam rangka melihat proses produksi salah satu bahan pangan yakni tepung tapioka dan sagu dan produk turunannya, seperti Sago Mee, berbagai macam tepung, produk UMKM, juga proses pengolahan limbah hingga biogas untuk menghasilkan listrik dan juga peternakan sapi serta lainnya.

“Saya sedang melihat bahan pangan selain beras yang dipercaya bisa membantu ancaman krisis pangan di Indonesia yang harus bisa kita antisipasi,” kata Rahmat Gobel.

Dilanjutkannya, seperti kita ketahui saat ini beras harus banyak diimpor dari negara lain, apalagi saat ini terjadi perubahan iklim sehingga banyak terjadi kegagalan panen dan penurunan produksi beras di Indonesia.

” Karena itu segala peluang untuk produksi bahan pangan harus kita lirik dan manfaatkan apalagi negara kita adalah negara yang sangat luas dan memiliki banyak potensi , seperti tanaman pohon sagu ini,” ujarnya.

Ditambahkannya, kebetulan saya bertemu dengan pak Abo ini yang mengungkapkan potensi pohon sagu sebagai salah satu bahan pangan selain beras, jagung dan lainnya.

“Karena itu saya tertarik untuk mengunjungi pabrik tepung tapioka dan sagu PT BAA, saya melihat ekosistem yang sudah dibangun beliau sangat bagus, ini adalah contoh industri yang terintegrasi dengan baik, mulai dari pengolahan bahan baku hingga limbahnya termanfaatkan atau zero waste, selain menghasilkan produk tepung dan turunannya, limbahnya juga bisa dijadikan bahan biogas untuk energi listrik dan pakan ternak,” tukasnya.

Diharapkannya, pemerintah pusat dan daerah harus mendorong adanya industri seperti yang dilakukan PT BAA ini dan juga bisa membantu menghasilkan pendapatan bagi para petani dan masyarakat dengan adanya industri ini.

“Saya sarankan Pemprov Babel ke depan harus membantu penganggaran lewat dinas terkait agar masyarakat mulai melirik dan menanam pohon sagu dan singkong, karena bisa menjadi alternatif bahan pangan pengganti beras,” harapnya.

(Getarbabel.com/Edw, Foto:
Wakil Ketua DPR RI, Rahmat Gobel bersama anggota DPR RI lainnya dan staf mengunjungi pabrik tepung tapioka dan sagu PT Bangka Asindo Agri (BAA) di Kelurahan Kenanga Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, Kamis (23/05/2024). Edw)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kinerja Anggaran Terbaik, 15 K/L Raih Penghargaan Kemenkeu

JAKARTA–Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional Pelaksanaan Anggaran (Rakornas…

Bangka Tetapkan 10 Desa Intervensi Stunting

SUNGAILIAT–Kabupaten Bangka telah menetapkan 10 desa lokus intervensi stunting pada…

Dinas LH Beltim Siapkan Tempat Sampah Limbah Medis

GETARBABEL.COM, BELTIM– Novis Ezuar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Belitung…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI