PT Hartady Putra Bangka Pasang Talud Untuk Normalisasi Muara Air Kantung Sungailiat

IMG-20240502-WA0118

GETARBABEL.COM, BANGKA — PT Hartady Putra Bangka menggelar kegiatan syukuran/doa selamatan bersama masyarakat nelayan untuk memulai pekerjaan pemasangan pondasi talud dan tiang pancang untuk revitalisasi abrasi dan normalisasi alur muara Air Kantung Lingkungan Nangnung Kelurahan Sungailiat Kabupaten Bangka di rumah salah warga kawasan Pelabuhan Perkasa PT Timah TBK, Kamis (02/05/2024).

Kegiatan ini dihadiri Dirut PT Hartady Putra Bangka, Deddy Hartady, perwakilan PT Timah TBK, Camat Sungailiat, para Kepala Lingkungan, Ketua RT, tokoh masyarakat, LSM/Ormas dan nelayan.

Dirut PT Hartady Putra Bangka, Deddy Hartady mengatakan telah mendapatkan legitimasi resmi sesuai NIB, KLBI dan secara sistem OSS Pemerintah RI sesuai peraturan , serta didasarkan persetujuan permohonan/pemintaan dari konsorsium Bersama Peduli Nelayan Bangka Belitung.

“Dengan surat resmi No. 01/SP/TPMAK/XI/2023 tertanggal 14 November 2023 dalam kemitraan kerjasama persoalan pendangkalan alur muara Air Kantung Lingkungan Nangnung Kelurahan Sungailiat Kabupaten Bangka terletak di Kawasan Industri Air Kantung PT Timah Tbk,” kata Deddy.

Dilanjutkannya dengan telah terbitnya perizinan tersebut, ingin memberitahukan kepada seluruh pihak untuk melaksanakan doa selamatan akan dimulainya pekerjaan bersama masyarakat.

“Persiapan mobilisasi peralatan kerja dan lainnya dimulai 2 Mei hingga 4 Mei 2024. Untuk pelaksanaan pekerjaan tahap 1 selama 3 bulan dimulai 5 Mei hingga 5 Juli 2024,” jelasnya.

Ditegaskannya pekerjaan ini tidak belum melibatkan pendanaan dari pihak pemerintah, melainkan dari pihak PT Hartady Putra Bangka serta sumber lainnya (CSR, Hibah), bantuan partisipasi pribadi yang tidak mengikat.

“Untuk itu kita mohon dukungan dan support dari masyarakat agar pekerjaan ini bisa lancar, aman dan cepat dilakukan,” harapnya.

Menanggapi hal itu Camat Sungailiat, Aswan mengaku baru menerima surat pemberitahuan dan undangan dari PT Hartady Putra Bangka sekitar pukul 11.00 WIB tadi siang.

“Kalau yang kita ketahui dari aspirasi masyarakat, mereka tidak mempermasalahkan perusahaan atau pihak manapun yang akan melakukan normalisasi alur muara Air Kantung Sungailiat ini, yang terpenting bagaimana hasilnya mereka bisa keluar masuk muara Air Kantung ini dengan aman dan lancar 24 jam,” kata Aswan.

Sedangkan Kaling Nangnung, Edo Meirdianno mengatakan kegiatan yang akan dilakukan PT Hartady Putra Bangka ini untuk pemasangan talud kiri dan kanan dengan lebar sekitar 10 meteran.

“Jadi saya tegaskan untuk tahap 1 ini kegiatan PT Hartady Putra Bangka ini hanya membuat talud, bukan mengeruk alur muara Air Kantung Sungailiat, jadi untuk tahap selanjutnya kita belum tau,” jelasnya.

Ditegaskan kehadiran PT Hartady Putra Bangka ini tidak ada hubungannya dengan kedatangan Kapal Osman 7 milik PT Naga Mas Sumatera yang kemarin dari Batam menuju muara Air Kantung Sungailiat.

“Jadi kalau Kapal Osman 7 itu urusan mereka sendiri yang akan mengeruk muara sebelah Lingkungan Jelitik dan Parit Pekir, sedangkan PT Hartady Putra Bangka ini lokasinya di Lingkungan Nangnung kawasan Air Kantung PT Timah Tbk, jadi harus bisa dibedakan,” imbuhnya.

 Diketahui sebelumnya Kapal Osman 7 milik PT Naga Mas Sumatera pada Rabu (01/05/2024) mulai berlayar dari Batam Provinsi Kepulauan Riau menuju perairan muara Air Kantung Jelitik Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Rencananya Kapal Osman 7 ini akan digunakan untuk mengeruk/mengisap pasir laut yang menutupi muara Air Kantung Jelitik Sungailiat yang sudah menganggu aktivitas keluar masuk nelayan. 

“Iya kita dapat informasi berupa video singkat kalau Kapal Osman 7 pada Rabu , 1 Mei 2924 mulai berangkat dari Batam menuju muara Air Kantung Jelitik Sungailiat

dan sudah disebarkan ke Grup WA masyarakat Parit Pekir Sungailiat,” kata M Rozi, Kepala Lingkungan (Kaling) Parit Pekir Sungailiat, Rabu (01/05/2024).

Dilanjutkannya, Kapal Osman 7 ini diharapkan bila sudah sampai ke perairan Air Kantung Jelitik Sungailiat bisa membuka alur muara Air Kantung yang selama ini terjadi pendangkalan yang parah.

“Kapal Osman 7 ini semoga dengan kehadirannya untuk membuka muara Air Kantung yang dangkal parah, semoga tidak lama lagi muara Air Kantung akan normal kembali dan kita bisa bongkar muat perahu lagi di dermaga,” harapnya.

(Getarbabel.com/Edw, Foto: Suasana syukuran bersama masyarakat yang digelar PT Hartady Putra Bangka. Edw)

Posted in

BERITA LAINNYA

Semakin Digdaya, Mantan Presiden Mahasiswa UBB Terpilih Menjadi Ketua Baru KNPI Pangkalpinang

GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG – Acara Rapinda dan Musyawarah Daerah Komite Nasional…

Penting bagi Pengusaha Sawit!  Pj Gubernur Ingatkan Ini Jika Tidak akan Kena Sanksi

GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG– Peraturan Gubernur (Pergub) No. 43 Tahun 2019 tentang…

Mobil Mewah Milik Jhonny G Plate dan Aset Tersangka  Lainnya Disita Tim Penyidik Jampidsus

JAKARTA–Tim Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI