Program Hilirisasi Berjalan, Ekonomi di Daerah Tumbuh

IMG-20240501-WA0077

GETARBABEL. COM, BANGKA- Pertumbuhan ekonomi di daerah akan menggeliat dengan sendirinya bila para investor banyak yang masuk dan menanamkan modalnya didaerah, tugas pemerintah daerah harus segera menyiapkan regulasi maupun kawasan industri khusus demi mendukung program hilirisasi yang telah dicanangkan oleh pemerintah pusat.

“Investor masuk bisa lewat kegiatan hilirisasi tambang ataupun hilirisasi produk perkebunan, tugas dari pemerintah daerah yakni menyiapkan regulasi dan sarana pendukung misalnya dibangun suatu kawasan industri khusus, jadi semua itu perlu dipersiapkan dulu baru investor berani masuk,” tutur Rudiyansah selaku Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Ekonomi dan Pembangunan seusai menghadiri diskusi workshop go publik kebangkitan Babel Pasca Timah, Selasa (30/04/2024) di Sungailiat. 

Dijelaskan Rudi, yang terjadi saat ini jumlah investor yang masuk sangat minim sehingga geliat perekonomian didaerah tidak begitu tumbuh, beda dengan banyaknya investor masuk, pastilah uang akan beredar dan dampaknya pun cukup besar bagi ekonomi masyarakat mulai dari usaha kuliner, peluang kerja terbuka, pasar jadi ramai dan sebagainya. 

“Yang terjadi sekarang ini tetangga sebelah kiri rumah bikin kue empek empek sedangkan tetangga sebelah kanan rumah bikin bakwan, anak tetangga yang bikin empek empek belanja bakwan tetangga sebelah, sebaliknya anak tetangga yang bikin bakwan juga belanja empek empek ditetangga sebelah. Artinya duit yang beredar hanya itu itu saja, tidak ada duit yang masuk dari luar daerah belanja disini,”terangnya.

Menurut Rudiyansah, terkait program hilirisasi yang digaungkan pusat untuk dapat dikembangkan didaerah, tentu akan banyak nilai tambah yang akan didapat bagi masyarakat setempat, minimal lapangan kerja terbuka dan usaha usaha kecil lainnya akan tumbuh dengan sendirinya dan otomatis uang akan beredar dengan sendirinya.

Sebagai contoh, lanjut Rudiyansah, bila ada satu pabrik minyak goreng saja yang dibangun didaerah kita tentu pabrik akan butuh tenaga kerja yang banyak dan para pekerja pabrik pasti akan belanja barang barang kebutuhan sehari hari didaerah, hal ini secara ekonomi akan memberi nilai tambah bagi warung warung terdekat dan otomatis uang akan beredar.

Begitu juga sektor pariwisata, bila industri hilirisasi berjalan seperti yang diharapkan pasti akan berimbas juga pada tingkat kunjungan wisatawan sehingga sektor jasa dan perdagangan tumbuh dengan sendirinya. Hotel hotel akan penuh, tempat tempat wisata dikelola secara baik dan lain lain. Cukup besar nilai tambah yang didapat oleh daerah maupun masyarakat bila program hilirisasi ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh pemerintah pusat. (getarbabel.com/Ysf)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kapal Osman 7 dari Batam Akan Keruk Muara Air Kantung Jelitik Sungailiat

GETARBABEL.COM, BANGKA — Kapal Osman 7 milik PT Naga Mas…

Dr Zarril Tegaskan Siap Patuh dan Tunduk Apapun Keputusan Partai

GETARBABEL.COM, BANGKA-  Dr Zarril Khiffari selaku anggota DPRD Kabupaten Bangka…

BSI Masuk Top 10 Global Islamic Bank

GETARBABEL.COM, JAKARTA — Bank Syariah Indonesia (BSI) mengukir capaian positif…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI