Metode Rakit Apung Kolong eks Tambang Antarkan Kelompok Aik Apau Juara 1 TTG Tingkat Provinsi

IMG-20240709-WA0029-980x737 (1)

GETARBABEL COM, BELTIM– Inovasi kelompok Aik.Apau Desa Dendang Kabupaten Beltim ini patut dijadikan inspirasi. Dengan metode rakit apung, kelompok yang dimotori oleh Mustaghfirin Asror dan Jono ini bisa menanam diatas genangan air kolong bekas tambang timah. 

Mustaghfiri menjelaskan inovasi yang dilakukan berupa pemanfaatan lahan bekas tambang dengan menggunakan metode rakit apung sebagai media yang dapat digunakan untuk bercocok tanam di atas genangan air dan dapat mengembalikan kulong sebagai lahan kritis menjadi kolam produktif dengan perbaikan pH dan mikroorganisme dalam kulong.

Hasil dari pembuatan rakit apung tersebut dapat langsung digunakan dan dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan pertanian yaitu menanam tanaman pangan seperti tanaman padi di atas genangan air yang dalam.

Rakit apung dari bambu untuk ditanam padi di Kecamatan Dendang ini, setelah diujicoba  ternyata berhasil dan sudah 4 kali panen. 

Atas capaian tersebut, kelompok ini berhasil meraih Juara 1 kategori umum dalam lomba inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kepulauan Babel tahun 2024.

foto : Bupati Beltim, Burhanudin menyerahkan hadiah juara I kepada kelompok Aik Apau

Beltim Burhanudin mengapresiasi prestasi, kontribusi dan kerja keras mereka dalam inovasi teknologi tepat guna. Inovasi itu mampu mengembalikan kulong bekas tambang yang merupakan lahan kritis bekas tambang menjadi lahan produktif.

“Saya bangga dan bersyukur dan mengucapkan selamat kepada Mustaghfiri dan Jono mendapat juara 1 lomba inovasi TTG tingkat Provinsi Babel,” kata Burhanudin, saat penyerahan hadiah pemenang lomba TTG tingkat Provinsi Kepulauan Babel di ruang kerja Bupati Beltim, Selasa (9/7).

Bupati  mengatakan inovasi ini tidak hanya mengatasi masalah lingkungan akibat tambang tetapi memberikan solusi inovatif dalam meningkatkan

Sementara itu Jono manyampaikan terimakasih atas apresiasi yang diberikan Pemprov Babel, Pemkab Beltim, dan dukungan semua pihak hingga kelompoknya mendapatkan juara 1 di tingkat provinsi.

“Kami tidak menyangka dapat juara. Sebelumnya kami diminta pihak perusahaan memanfaatkan lokasi bekas tambang. Lalu kami membuat rakit apung dari bambu untuk ditanam padi di Kecamatan Dendang. Ternyata berhasil dan sudah 4 kali panen,” ungkapnya.

Acara itu dihadiri Melta Indah selaku Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Beltim, Mustaghfiri dan Jono. (getarbabel.com/ISR/Diskominfo SP Beltim – ver)

Posted in

BERITA LAINNYA

Didukung Puluhan Cabang, Andi Kurniawan Resmi Jadi Kandidat Ketua Umum PB HMI 2023-2025

JAKARTA–Andi Kurniawan salahsatu Calon Ketua Umum PB HMI 2023-2025 yang…

BEI Dorong Pengusaha Babel Melantai di Bursa Efek

GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG–  Workshop Go Public 2024 tentang pasar modal yang…

Alasan Belum Optimalnya Pendidikan Inklusif di Indonesia Menurut Dosen Universitas Trunojoyo Madura

Pendidikan inklusif adalah pendekatan pendidikan yang memperhatikan kebutuhan dan hak semua…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI