Lalu Lintas Perahu Lancar Lewati Muara Air Kantung Jelitik, Ibu-Ibu Nelayan Gelar Syukuran

IMG-20240721-WA0102

GETARBABEL.COM, BANGKA – Puluhan ibu-ibu yang merupakan istri para nelayan dibantu sejumlah nelayan yang belum turun melaut, nampak sibuk mempersiapkan makanan ala kadarnya di kawasan muara Air Kantung Jelitik Sungailiat, Minggu (21/07/2024).

Makanan itu dihidangkan di atas fiber ikan kosong sebagai pengganti meja. Ada juga yang berupaya menyalakan api unggun untuk membakar ikan. Hari ini suasana ceria dan bahagia terpancar dari raut wajah para istri-istri nelayan ini.

Ternyata mereka mengadakan syukuran atas terbukanya alur muara Air Kantung Jelitik Sungailiat, yang hampir 3 tahun mengalami pendangkalan parah akibat sedimentasi pasir laut.

Pelaku usaha perikanan di Sungailiat, Albar mengucapkan terima kasih kepada Penjabat Gubernur Babel, Penjabat Bupati Bangka dan Forkopimda, yang telah meminta PT Pulomas Sentosa bekerja kembali membuka alur muara Air Kantung Jelitik.

“Sebelum dibuka alur muara ini oleh PT Pulomas, perahu nelayan hanya sebulan sekali pergi melaut. Kalau sekarang bisa sebulan 3 kali, sudah lancar keluar masuk muara,” kata Albar.

Albar mengimbau kepada para nelayan agar jangan mau diadu domba oleh isu-isu liar di luar yang belum jelas kebenaran dan kepastiannya.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Pj Gubernur, Pj Bupati Bangka yang memberikan kebijakan kepada PT Pulomas melaksanakan kegiatan pengerukan di muara ini, sampai dengan hari ini kita bisa menikmati hasilnya. Kebijakan itu luar biasa, memberi harapan kepada nelayan, hingga terjadilah acara syukuran masyarakat nelayan hari ini,” ujarnya.

Albar juga mengucapkan terima kasih kepada HNSI Kabupaten Bangka yang mendukung penuh acara syukuran ini.
.
“Kami juga berterima kasih kepada seluruh nelayan dan pedagang ikan yang turut mensukseskan acara ini,” ujarnya.

“Jangan menilai apa yang kami hidangkan, tapi nilailah persatuan kita, kerja sama kita yang baik, itu yang perlu kita utamakan,” tegasnya.

Sementara itu Ketua DPC HNSI Kabupaten Bangka, Ridwan juga mengucapkan terima kasih atas undangan dari ibu-ibu nelayan dan pedagang ikan, pada acara syukuran terbukanya alur muara yang dilakukan oleh PT Pulomas.

“Kita ini satu perjuangan. Dan ucapan terima kasih yang disampaikan Pak Albar tadi kepada PT Pulomas adalah sebuah ucapan rasa syukur. Pada hari ini ibu-ibu yang sangat luar biasa, padahal ini musim paceklik loh! Tapi ibu-ibu masih mau bergotong-royong, sumbangsihnya, patungan mengumpulkan dana untuk acara hari ini,” puji Ridwan.

Diakuinya, sebuah kebanggaan bagi ibu-ibu ketika para suaminya bisa bebas bongkar muat ikan hasil tangkapannya dari laut.

Diharapkannya, seterusnya perahu nelayan bebas keluar masuk muara Air Kantung Jelitik, sehingga kualitas ikan tetap terjamin.

“Pada saat alur muara dangkal, perahu nelayan tidak bisa masuk di sini. Sebelumnya bongkar muat di luar sana. Jadi ada transit dari luar sana ke daratan, itu bisa menyebabkan kerusakan kualitas ikan dan menurunkan harga ikan,” jelasnya.

Diungkapkannya, kini alur muara Jelitik sudah terbuka dengan bagus dan baik. Diharapkan produksi teman-teman nelayan meningkat dan harga ikan juga membaik.

“Mungkin itu yang diinginkan ibu-ibu nelayan dan pedagang ikan,” ujarnya.

Ridwan berpesan untuk semua nelayan yang ada di Kabupaten Bangka, agar jangan tercerai berai.

“Ada masalah kita musyawarahkan. Ayo bersatu padu mencari solusi permasalahan yang ada di muara kita ini. Jangan tercerai-berai, jangan dengar isu-isu yang tidak jelas,” tukasnya.

Dilanjutkannya, semoga acara hari ini memberikan manfaat yang sangat luar biasa, memberikan efek yang luar biasa untuk teman-teman nelayan dan masyarakat Kabupaten Bangka.

(Getarbabel.com/ Edw, Foto: IST/HNSI Kabupaten Bangka)

Posted in

BERITA LAINNYA

Demi Kebaikan Pers Indonesia, Menkumham Fasilitasi Rekonsiliasi PWI

GETARBABEL.COM, JAKARTA – Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi…

Film LAFRAN Sukses Tayang Perdana Di BES CINEMA Pangkalpinang

-* Sosok Lafran Pane Menginspirasi Generasi Muda GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG-  Pemutaran…

Meski Jadi Kader Ban Serep, Usnen Berminat Maju Pilkada

GETARBABEL.COM, BANGKA- Anggota DPRD Bangka dari fraksi PDIP H Usnen…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI