Jelang Idul Fitri 1445H, Harga TBS Kelapa Sawit di Babel Melonjak

IMG-20240405-WA0093

GETARBABEL.COM, BANGKA — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445H, harga TBS kelapa sawit penetapan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) untuk bulan April 2024 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan periode sebelumnya.

Hal ini tentunya membuat para petani kelapa sawit bahagia, meskipun saat ini sedang musim trek.

Hal ini terungkap berdasarkan rapat penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit produksi pekebun di Provinsi Kepulauan Babel di aula Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Jumat (05/04/2024).

Tercatat ada kenaikan harga di seluruh kategori umur kelapa sawit mulai 3 tahun hingga 25 tahun, yakni Rp77 hingga tertinggi Rp94 per kg TBS.

Untuk harga terendah umur kelapa sawit 3 tahun sebesar Rp2.192 per kg TBS, sedangkan harga tertinggi umur kelapa sawit 10-20 tahun sebesar Rp2.674 per kg TBS.

Harga CPO rerata tertimbang Rp12.521,51.

Harga Kernel rerata tertimbang Rp5.991,28.

Indeks K = 88,90 %.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel, Edi Romdhoni menjelaskan penetapan harga pembelian TBS ini sudah melalui pembahasan dan diskusi yang dilakukan oleh Tim yang hadir terhadap informasi dan data yang disampaikan 25 perusahan pabrik kelapa sawit yang ditunjuk.

“Namun ada 3 perusahaan yang datanya tidak mengirimkan data ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Babel,” katanya.

Ditambahkannya untuk penetapan harga pembelian TBS bulan April 2024 ini berlaku selama 1 bulan dari tanggal 1 April hingga 30 April 2024.

“Sebenarnya saat ini untuk Provinsi Kepulauan Babel penetapan harga pembelian TBS ini dilakukan 2 kali dalam sebulan, namun karena situasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 H maka banyak pabrik kelapa sawit yang tutup atau libur sehingga untuk bulan April ini penetapan harga berlaku satu bulan,” jelasnya.

(Getarbabel.com/Edw, Foto:
Rapat penetapan harga pembelian TBS kelapa sawit produksi pekebun di Provinsi Kepulauan Babel. Edw)

Posted in

BERITA LAINNYA

Demi Restorative Justice, JAM-Pidum Hentikan Penuntutan 20 Tersangka

JAKARTA-Jaksa Agung RI melalui Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum…

Tersiar Kabar PJ Bupati Bangka Diganti Budi Utama

GETARBABEL.COM, BANGKA- Sepertinya PJ Bupati Bangka M Haris AR sudah…

Puluhan TI Tower Dirakit  Siap Tambang Kolong Buntu, Panitia Masyarakat Nangnung Mundur

GETARBABEL.COM, BANGKA — Puluhan rakit peralatan tambang jenis TI Tower…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI