Ini Besaran Nilai Dana KIP Diterima Nelayan Sungailiat

IMG-20240913-WA0040

GETARBABEL.COM, BANGKA– Proses penyaluran dana kompensasi serta bongkar muat Kapal Isap Produksi (KIP) semester ke II oleh panitia KIP Air kantung Kecamatan Sungailiat, untuk periode bulan Maret sampai Agustus telah terealisasikan secara transparan dan amanah.

Nelayan yang menerima dana kompensasi tersebut terdiri dari gabungan 7 lingkungan pesisir dari 3 Kelurahan yang berbeda. Terdiri dari lingkungan Nelayan 1, Nelayan 2, Air Kantung, Air Hanyut, Kampung Pasir, Parit Pekir dan Rambak. Jumlah warga yang menerima dana kompensasi tersebut sekitar 3900 orang, dengan nominal sebesar 450 ribu rupiah per orang.

Lasani, selaku nelayan aktif di Gang Nusantara Parit Pekir menuturkan, bahwa sangat puas dengan kinerja panitia KIP dibawah kepengurusan Muhammad Sabil. Dimana pada waktu dipegang oleh pengurus sebelumnya, beliau sempat kecewa, dikarenakan pada saat pembagian dana kompensasi ternyata uang tersebut tidak ada. 

Hal senada dijelaskan oleh Yayan sebagai nelayan berdomisili di Pelabuhan Perikanan Nusantara, beliau menyatakan sangat yakin dan puas dengan panitia KIP sekarang lebih amanah. 

“kami puas kek panitia ne lebih amanah,”ucapnya.

Eva, ketua RT 01 Lingkungan Parit Pekir mengatakan warganya sangat terbantu dengan adanya pembagian dana KIP ini, perihal pendataan warga yang berhak menerima kompensasi, Eva menjelaskan butuh waktu sekitar dua bulan lebih untuk mendata ulang secara door to door.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan ini, warga kami sangat merasa terbantu, ape agik enem bulan sekali ken dapet a, warga kami ge banyak berterima kasih terutama kepada panitia yang amanah,”

Kepala Lingkungan (Kaling) Parit Pekir, Muhammad Rozie, S.Pd.l. menyambut baik kegiatan pembagian dana kompensasi KIP hari ini, jumlah warganya yang berhak menerima terbagi atas dua, yaitu A1 untuk nelayan aktif dan A2 untuk mantan nelayan yang sudah tidak produktif atau janda-janda tua yang membutuhkan.

“Khusus lingkungan Parit Pekir, nelayan aktif atau A1 ada sekitar 962 orang, sesuai SOP dari panitia bahwasanya yang kami data itu nelayan aktif yang berdomisili atau ber KTP Bangka, untuk A2 ada 192 orang sesuai SOP yaitu 20 persen dari nelayan aktif,” katanya.

Rozie menambahkan, dengan adanya dana kompensasi semester II, warganya sangat terbantu disaat musim angin kencang seperti sekarang ini.(Ysf)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kabar Gembira untuk Pesantren, Kemenag Siapkan 9 Program Bantuan

GETARBABEL.COM, JAKARTA — Lembaga pesantren dan pendidikan keagamaan Islam tahun…

Kunjungi Puskesmas Penagan, Ini Yang Dikerjakan Tim Kemenkes RI

GETARBABEL.COM, BANGKA-  Sabtu(13/7/2024), 3 orang Tim Penilai Kesehatan dari Kemenkes…

Performa Toyota Agya GR Sport Antarkan Peslalom TGRI Tampil Dominan

Seri pembuka Kejuaraan Nasional Slalom 2023 yang berlangsung di sisi…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI