Pasca Putusan MK, Peta Politik Bangka Tak Berubah

IMG-20240819-WA0123

GETARBABEL.COM, BANGKA– Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengubah pasal pencalonan dalam Undang-undang Pilkada, tidak berdampak signifikan bagi peta politik lokal. Kesempatan bagi partai non parlemen untuk menyodorkan pasangan calon nyatanya tidak memenuhi ambang batas yang sudah ditetapkan.

“Hasil dari Pemilu Legislatif 2024 di Bangka, berdasarkan data gabungan suara yg tidak dapat kursi hanya sekitar 9116 suara sah dan ini masih jauh dari 10%,” jelas pengamat politik, Zulkarnain Alijudin.

Menurutnya, jumlah suara sah pemilu legislatif sebanyak 186.345 suara. Bangka masuk dalam klauster 10% perolehan suara sah untuk parpol non parlemen mencalonkan kepala daerah. “Kalau dikalkulasi, koalisi parpol gurem ini tidak dapat menyodorkan Paslon di Pilkada nanti,” terangnya.

Mantan Ketua KPU Bangka ini lebih lanjut menilai dalam waktu yang singkat menjelang pendaftaran Paslon pada 27-29 Agustus 2024 ini, potensi untuk adanya Paslon penantang Mulkan-Ramadian di Pilkada Bangka masih terbuka.

“Gerindra, Golkar termasuk PKS bisa jadi membentuk poros koalisi baru. Terlebih Gerindra sudah mengusulkan Paslon Saripul-Usnen sebagai kandidat,” paparnya. (ISR/foto : Zulkarnain Alijudin))

Posted in

BERITA LAINNYA

Mahasiswa Baru Polman Dibina TNI, Dilatih Baris Berbaris hingga Bela Negara

GETARBABEL.COM, BANGKA — Para mahasiswa baru Polman Babel terus menjalani…

PB HMI Gelar Forum Guntur Kupas Sengketa Hukum Pasca Pemilu

GETARBABEL.COM, JAKARTA — Forum Guntur (Gerakan untuk Rakyat) PB HMI…

Polman Babel Serahkan Mesin Perontok Padi ke Poktan Air Lunding Kelapa

GETARBABEL.COM, BANGKA BARAT — Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung (Polman…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI