Polman Babel Ajarkan Warga Rambak Buat Briket Arang Tempurung Kelapa

IMG-20240813-WA0102

GETARBABEL.COM, BANGKA — Para dosen dari Kampus Polman Babel mengadakan program pengabdian kepada masyarakat di Lingkungan Rambak Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat, Selasa (13/08/2024).

Tujuan kegiatan untuk memberdayakan masyarakat dan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang melimpah, khususnya tempurung kelapa.

Program ini dirancang untuk mengubah tempurung kelapa yang selama ini kurang dimanfaatkan menjadi briket arang bernilai ekonomi tinggi.

Melalui pelatihan intensif penggunaan mesin pencetak briket yang disediakan tim dosen, masyarakat diharapkan mampu menghasilkan produk ramah lingkungan yang dapat menjadi sumber pendapatan baru.

Dalam kegiatan ini, dosen Pristiansyah, M.Eng, dan Muhammad Haritsah Amrullah, M.Eng bersama mahasiswa Kampus Polman Babel, seperti Aldo Frinaldo, Edwin dan Bayu Anggara, berperan aktif memberikan pelatihan dan pendampingan langsung kepada warga setempat.

Selain memberikan pengetahuan praktis, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi para mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di kelas ke dalam dunia nyata.

Ketua tim, Pristiansyah, M.Eng menyampaikan harapannya agar program ini mampu mendorong kemandirian ekonomi masyarakat melalui pemanfaatan optimal sumber daya lokal.

“Kami berharap dengan program ini, masyarakat bisa mandiri secara ekonomi dan dapat mengolah sumber daya lokal secara lebih efektif,” katanya.

Program ini juga menjadi bukti nyata kontribusi dosen dan mahasiswa dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam pengabdian kepada masyarakat.

(Getarbabel.com/ Edw, Foto: IST/ Humas Polman Babel)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kapal Osman 7 dari Batam Akan Keruk Muara Air Kantung Jelitik Sungailiat

GETARBABEL.COM, BANGKA — Kapal Osman 7 milik PT Naga Mas…

Acit Diduga Terjatuh Dari Jembatan, TIM SAR Gabungan Lakukan Pencarian

PANGKALPINANG–Kantor Pencarian dan Pertolongan Pangkalpinang menerima informasi kejadian terhadap seorang…

Anggota DPRD ini Tetap Komit Perjuangkan Bangka Utara, Minta Pemkab Anggarkan Dana Pemekaran

GETARBABEL.COM, BANGKA– Massuri selaku anggota DPRD Bangka dari Dapil Belinyu-…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI