Jasad Karyawan Perkebunan Sawit PT GML Ditemukan Tim SAR Gabungan, Ada Luka Cakar di Punggung

17

GETARBABEL.COM, BANGKA — Upaya pencarian terhadap Samiun (42), karyawan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT GML Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka yang menjadi korban diduga terkaman buaya saat memancing udang di Sungai Silang Dusun Rimba Beras Desa Pugul Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka berhasil ditemukan. Jenazahnya mengapung di aliran sungai Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, Minggu (28/07/2024) sekira pukul 12.47 WIB.

Korban berhasil ditemukan Tim SAR Gabungan yang dibantu warga dengan kondisi terapung dipermukaan air dan dalam keadaan meninggal dunia. Lokasi penemuan korban berjarak 1,5 Km dari lokasi kejadian awal.

Tim SAR Gabungan bergegas mengevakuasi korban yang berada di sungai bekas tambang timah dengan medan vertical, sehingga menyulitkan dalam proses evakuasi korban.

Hinggal pukul 14.15 WIB, korban berhasil dievakuasi Tim SAR Gabungan dan segera dibawa menuju rumah duka. Pada tubuh korban ditemukan luka cakar di belakang punggung korban dan terdapat memar pada bagian dada korban.

I Made Oka Astawa, Kepala Kantir SAR Pangkalpinang mengatakan pencarian terhadap korban Samiun (42) membuahkan hasil dengan baik.

Foto: Penjelasan Tim SAR Gabungan terkait peemuan korban

“Korban berhasil kita temukan dalam keadaan meninggal dunia dengan jarak 1,5 Km dari lokasi awal kejadian,” jelasnya.

Selanjutnya Tim Sar Gabungan dibantu oleh Rescue Kansar Pangkalpinang, Babinkamtibmas Bukit Layang, Babinkamtibmas Desa Pugul, BPBD Kabupaten Bangka, Laskar Sekaban, Sakasar, Oemdes Para, Team Rescue HNSI Bangka dan masyarakat bersama-sama mengevakuasi korban dan dibawa menuju rumah duka.

“Atas penemuan ini, maka operasi SAR Gabungan resmi ditutup dan segenap unsur satuan yang terlibat, dapat kembali ke kesatuan masing-masing dan kami ucapkan terima kasih,” kata Oka.

Diketahui sebelumnya Team Rescue HNSI Kabupaten Bangka mendapatkan laporan warga ada korban diduga diterkam buaya di Sungai Silang Dusun Rimba Beras Desa Pugul Kecamatan Riau Silip Kabupaten Bangka, Sabtu (27/07/2024) malam pukul 23.30 WIB.

Korban diketahui bernama Samiun, pegawai perkebunan kelapa sawit PT GML Desa Dalil Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka.

Ketua Team Resque HNSI Kabupaten Bangka, I Hank Abbas mengungkapkan kronologi kejadian pada hari Sabtu tanggal 27 Juli 2024 sekira pukul 15.00 aWIB, S Samiun (korban) setelah pulang bekerja dari PT GML Desa Dalil Kecamatan Bakam berangkat dari Mess PT GML Desa Dalil bersama 4 orang temannya untuk pergi memancing udang mengendarai sepeda motor menuju Sungai Silang Dusun Rimba Beras Desa Pugul Kecamatan Riau Silip.

“Sekira pukul 16.00 WiB, Samiun beserta 4 orang temannya tiba di lokasi tempat memancing udang di Sungai Silang kemudian Samiun memisahkan diri dari 4 orang temannya untuk mencari spot memancing udang sendirian,” katanya.

Foto: Proses evakuasi korban

Dilanjutkannya, sekira pukul 00.45 WIB, Minggu (28/07/2024) anggota Bhabinkamtibmas Desa Pugul Kecamatan Riau Silip mendapatkan informasi dari Bhabinkamtibmas Desa Bukit Lebih Kecamatan Bakam bahwa salah satu nelayan Desa Bukit Layang yang sedang mencari ikan menggunakan perahu dayung mendengar ada suara gelubukan dari dalam air dan terlihat penerangan cahaya (Senter) di aliran Sungai Silang Dusun Rimba Beras Desa Ougul Kecamatan Riau Silip.

“Kemudian Bhabinkamtibmas Desa Pugul Kecamatan Riau Silip melaporkan ke anggota Polsek Riau Silip dan mengajak warga setempat untuk mencari titik korban memancing udang,” ujarnya.

Dilanjutkannya, sesampai di titik lokasi, sudah ada keluarga dan teman-teman korban berada di tempat itu. “Hingga pukul 03.30 WIB Team Resque mencari korban, Samiun namun belum ditemukan dan warga beramai-ramai juga membantu pencarian,” ungkapnya.

Unsur yang terlibat dalam upaya pencarian Team Resque HNSI Kabupaten Bangka, BPBD Kabupaten Bangka URC 1, Bhabinkamtibmas Desa Pugul, Kepala Dusun dan Ketua RT 02 Rimba Beras dan masyarakat lainnya.

(Getarbabel.com/ Edw, Foto: IST-Tangkapan layar/ Tim SAR Gabungan)

Posted in

BERITA LAINNYA

Metode Rakit Apung Kolong eks Tambang Antarkan Kelompok Aik Apau Juara 1 TTG Tingkat Provinsi

GETARBABEL COM, BELTIM– Inovasi kelompok Aik.Apau Desa Dendang Kabupaten Beltim…

Ribuan Nelayan Kecamatan Sungailiat Terima Dana KIP

GETARBABEL.COM, BANGKA- Kamis (12/09/2024), pihak Panitia Penerima dan Penyaluran Dana…

Beli Tiket Menjelang Start, Ola Bawa Pulang Brio Satya

SUNGAILIAT—Rejeki tak ada siapa pun yang tahu, datang pun tak…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI