Tindaklanjut Penolakan Konsesi HTI, Sukirman-Bong Ming Ming Temui Pj Gubernur Babel

1721141631_db0adb84d1000061f656 (1)

GETARBABELCOM, PANGKALPINANG — Pasca demonstrasi yang bersamaan dengan Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Kantor DPRD Bangka Barat beberapa waktu yang lalu terkait konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) milik PT Bangun Rimba Sejahtera (BRS), Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat kini berjuang mengawal aspirasi masyarakat Bangka Barat ke tingkat provinsi. 

Sukirman-Bong Ming Ming menemui Pj Gubernur Babel di Ruang Rapat Batu Rakit, Kantor Gubernur Babel, Selasa (16/7/2024).  Dalam audiensi tersebut, Pj Gubernur Safrizal fimapingi  Sekda Fery Afriyanto, beserta Forkopimda Bangka Belitung. 

Bupati Sukirman mengungkapkan, tujuan utama audiensi ini adalah untuk menyampaikan aspirasi dari warga Bangka Barat, sekaligus berkoordinasi dengan pihak pemerintah provinsi dalam menyelesaikan isu tersebut. Pihaknya berkomitmen terkait persoalan ini tetap berada bersama masyarakat. 

“Sebagaimana hasil RDP kemarin bersama masyarakat, kita akan kawal terus persoalan yang telah meresahkan warga di Bangka Barat ini. Harapannya tentu saja hasil yang didapat sesuai dengan aspirasi masyarakat, karena intinya dari dulu hingga sekarang kita bersama masyarakat,” jelas Sukirman.

Menanggapi hal tersebut, Pj Gubernur Safrizal menuturkan bahwa dirinya beserta jajaran terkait sudah mempelajari runutan masalah tersebut dan juga telah menyampaikan aspirasi masyarakat dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Barat kepada Pemerintah Pusat.

“Pada prinsipnya pertemuan ini bertujuan agar ada solusi yang disepakati dan masih berada dalam koridor peraturan maupun undang-undang yang berlaku. Nanti akan kita lihat apakah kewenangan itu ada di daerah atau di pusat,” ujar Pj Gubernur.

Adanya konsesi HTI ini menimbulkan reaksi keras masyarakat Bangka Barat. Hal ini berimbas pada pelarangan terhadap warga yang selama ini sudah melakukan aktivitas di lahan tersebut, sebelum hak konsesi itu diberikan kepada PT BRS.

“Padahal tanah ini lahan turun-temurun tempat kami mencari nafkah,” ujarnya salah seorang warga yang turut serta dalam audiensi tersebut. 

(getarbabel.com/ISR/Diskominfo Babel-MYI)

Posted in

BERITA LAINNYA

Kemenag dan Baznas Bangka Tetapkan Zakat Fitrah Rp 42.500 per Jiwa

GETARBABEL.COM, BANGKA — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka  dan…

Sekda Naziarto Purna Tugas ASN

GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG– Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,…

Mulai Dibuka, Pendaftaran Ujian Masuk PTKIN 2024

GETARBABEL.COM, PALEMBANG — Mulai hari ini, Rabu (17 April 2024),…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI