Pemkab Beltim dan LKBH Belitung Teken MoU Bantuan Hukum Gratis

IMG-20240704-WA0070 (1)

GETARBABEL.COM, BELITUNG TIMUR–  Pemerintah Kabupaten Belitung Timur terus berupaya memberikan pelayanan bagi masyarakat, khususnya kalangan yang tidak beruntung secara ekonomi. 

Bersama Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Belitung, Pemkab Beltim  menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) Penyediakan Bantuan Hukum bagi warga yang tidak mampu. Penandatangan dilakukan Bupati Beltim, Burhanudin dan Direktur LKBH Belitung, Heriyanto di Ruang Rapat Bupati, Kamis (4/7/24).

Bantuan hukum ini berupa konsultasi hukum hingga pendampingan proses persidangan (litigasi). Di mana masyarakat kurang mampu akan didampingi pengacara melalui Lembaga Bantuan Hukum (LBH) secara gratis. Tahun 2024 ini ada tiga kouta untuk bantuan hukum. Setiap bantuan hukum dialokasikan Rp8,5 juta belum potong pajak.

Bupati Beltim Burhanudin mengatakan bantuan hukum secara gratis diberikan hanya bagi warga Beltim yang kurang mampu. Syaratnya diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 tentang Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin.

Lebih lanjut ditekankannya bantuan hukum ini lebih kepada untuk menjamin kepastian hukum bagi warga Kabupaten Beltim yang sedang menghadapi proses hukum. Namun dia berharap tidak ada warga Beltim yang akan tersangkut oleh proses hukum.

Sementara itu Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Belitung menyatakan siap membantu Masyarakat Kabupaten Beltim yang tengah menghadapi permasalahan hukum, baik perdata maupun pidana. Mengingat wilayah kerja LKBH Belitung meliputi dua Kabupaten di Pulau Belitung. (getarbabel.com/ISR/Diskominfo Beltim-@2)

Posted in

BERITA LAINNYA

Sukses Lewati Target UHC Nasional, Pemkot Tangerang Raih Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dianggap berhasil dalam mewujudkan Cakupan Kesehatan…

Pengurus PWI Audiensi dengan Dewan Pers, Laporkan Hasil KLB

GETARBABEL.COM, JAKARTA – Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu beserta jajaran…

Polairud Evakuasi Nelayan Meninggal Dunia Saat Mancing di Perairan Luar Tuing

GETARBABEL.COM, BANGKA — Satuan Polairud Polres Bangka dan Dit Polairud…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI