Dinsos Siapkan 100 juta Bantuan Modal Usaha

IMG-20240704-WA0082

GETARBABEL.COM, BANGKA -Bahrudin Bafa selaku Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangka mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana permodalan usaha mencapai Rp100 juta bersumber dari anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) tahun 2023, untuk dibagikan kepada 20 orang calon penerima, per keluarga memperoleh bantuan sebesar Rp 5 juta.

Bantuan permodalan ini, lanjutnya, merupakan program bantuan sosial lanjutan bagi keluarga harapan yang sudah berakhir kepesertaan keluarga penerima manfaat atau dinyatakan graduasi sejahtera mandiri.

“Bantuan sosial permodalan bagi graduasi sejahtera mandiri merupakan program program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) yang dicanangkan oleh Kementerian Sosial sejak tahun 2023,”ujarnya Kamis (4/7/2024).

Diuraikan Bahrudin, Pena sebagai langkah untuk memberdayakan masyarakat dengan pendapatan rendah atau yang berada dalam garis kemiskinan. Melalui program ini, penerima modal dapat mengembangkan usaha sehingga ekonomi penerima bantuan usaha semakin meningkat. Selain bantuan permodalan usaha dari pemerintah kabupaten, bantuan yang sama juga dapat diterima dari pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat. Hal ini wujud dari komitmen pemerintah dalam membantu meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dari tidak mampu menjadi keluarga mandiri.

“Bagi pihak keluarga yang menerima bantuan sosial permodalan supaya benar – benar dapat digunakan untuk usaha supaya dapat berkembang maju dan akhirnya menjadi keluarga mandiri,”pintanya. (getarbabel com/Ysf)

Posted in

BERITA LAINNYA

Polsek Belinyu Tangkap Dua Remaja Pencuri, Beraksi di 8 TKP

GETARBABEL.COM, BANGKA — Unit Reskrim Polsek Belinyu berhasil menangkap dua…

Diutamakan Aktivis, Buruan Daftar! Bank Indonesia Buka Lowongan Bergengsi

JAKARTA—Bank Indonesia (BI) membuka formasi untuk calon pemimpin masa depan….

MADA FEST 2024 Bisa Membangkitkan UMKM

GETARBABEL.COM, BANGKA- Komunitas Rumah Kreasi Matras (RUKEM) menggelar acara MADA…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI