Anyaman Nipah Peluang Menjanjikan, Dinas KUMKM sebut Sudah Ada Order Dari Magelang

9cc734b8-dc91-4fdf-b632-7b04995c7cdc (1)

GETARBABELCOM, PANGKALPINANG — Plt. Kepala Dinas KUMKM Prov. Kep. Babel Riza Aryani mengungkapkan peluang usaha anyaman lidi nipah berpeluang besar untuk berkembang. Selain sedang dicari pasar juga menyerap tenaga kerja. 

Hal ini disampaikan Riza Aryani dalam Pelatihan Kewirausahaan Kerajinan Lidi Nipah di Sun Hotel Pangkalpinang, Kamis (27/6). Kegiatan ini juga mendapat kunjungan kehormatan Penjabat (Pj) Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Safriati Safrizal yang turun langsung melihat aktivitas Pelatihan Kewirausahaan tersebut. 

Riza menjelaskan bahwa di samping memberikan pelatihan, hasil dari kerajinan lidi nipah yang diikuti oleh para peserta ini sudah ada offtakernya, yakni hotel di Kawasan Magelang. 

“Mereka memesan anyaman sepanjang 2700 meter. Artinya memerlukan lidi nipah sekitar 3 ton. Ini merupakan peluang, karena lidi nipah ini melimpah di Babel,” ungkapnya.

Sementara itu Pj Ketua Dekranasda Safriati, berharap pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Koperasi dan UKM (KUKM) Prov. Kep. Babel ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh para pengrajin. Apalagi kerajinan dari lidi nipah ini bernilai ekspor, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Saat ini, Kami juga terus mempromosikan kerajinan dari lidi nipah ini. Sewaktu HUT Dekranasda di Solo belum lama ini, stan kami dikunjungi Ibu Negara Iriana Jokowi. Setelah kami jelaskan tentang kerajinan ini, alhamdulillah Ibu Iriana membeli salah satu kerajinan dari lidi nipah ini,” ungkapnya.

Lebih lanjut, ia juga mendorong agar para perajin perorangan ini untuk membentuk kelompok atau koperasi, agar mudah dalam menjalin kemitraan dengan pemerintah hingga perbankan untuk mendapatkan bantuan. (getarbabel.com/ISR/Pemprov Babel)

Posted in

BERITA LAINNYA

Jatim Juara Umum Anugerah DEN 2023, Borong 6 Penghargaan

JAKARTA– Pemprov Jawa Timur berhasil menjadi Juara Umum pada ajang…

Prof Zayadi; Fitrah Manusia Senang Dengan Kedamaian Daripada Permusuhan

GETARBABEL.COM, BANGKA- Rabu (10/04/2024), pelaksanaan ibadah sholat sunnah Idul Fitri…

Paparkan Strategi Pembangunan Ekonomi, Sjarifuddin Hasan Dorong Guru Besar Berkontribusi Pada Pemerintahan Prabowo-Gibran

GETARBABELCOM, JAKARTA– Ratusan profesor dan guru besar dari berbagai perguruan…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI