ODF langkah awal Kabupaten Bangka menuju STBM

IMG-20240429-WA0079

GETARBABEL.COM, BANGKA- Senin (29/04/2024), Pemkab Bangka menggelar acara deklarasi Open Defecation Free(ODF) Kabupaten Bangka 2024. 

acara tersebut dihadiri PJ  Bupati Bangka M Haris AR, Direktur Pelayan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI Dr Then Suyanti, Kepala OPD dan tamu undangan lainnya.

M Haris AR selaku PJ Bupati Bangka mengatakan, acara ini terlaksana tak terlepas dari terobosan dan inovasi yang telah dilakukan selama ini, diantaranya inovasi nyaman stop buang air besar sembarangan (BABS) yang digagas oleh kocokan arisan “ibu” yang merupakan inovasi mendorong peran gender perempuan dalam mengatasi jamban lewat arisan jamban pada tahun 2011 lalu. 

Selain diatas, lanjut Haris, pencapaian ODF ini juga tak terlepas dari peran pemberdayaan masyarakat melalui Forum Bangka Sehat yang terbentuk sejak tahun 2005 lalu. Selain itu peran BAZNAS, CSR perusahaan, optimalisasi  penggunaan dana desa, dan peran Pokja PKP juga sangat besar sehingga status ODF bisa tercapai.

“Pencapaian ODF saat ini bukanlah akhir dari perjuangan, tapi langkah awal Kabupaten Bangka menuju STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),”tegasnya.

Haris menambahkan, masih ada empat pilar lagi yang harus diperjuangkan yaitu prilaku cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan dalam rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga dan pengamanan limah air rumah tangga.(getarbabel.com/Ysf)

Posted in

BERITA LAINNYA

Tekan Laju Inflasi, HIPKA Apresiasi Kinerja Pemprov Babel

PANGKALPINANG—Upaya Pemprov Babel dalam mengendalikan laju inflasi dan mendorong pertumbuhan…

Polman Babel Rebut Juara 3 dan Penghargaan Best Write Up KMIPN 2024

GETARBABEL.COM, BANGKA — Tim mahasiswa Teknik Rekayasa Perangkat Lunak (TRPL)…

Jalan Sehat Gerakan Pungut Sampah, Molen Harap Pangkalpinang Bersih Total

PANGKALPINANG–Jalan sehat Pemkot Pangkalpinang dengan tagline Gerakan Pungut Sampah (GPS)…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI