Penanganan Kebakaran Sering Terlambat, Ini Penyebabnya!

damkar

PANGKALPINANG—Hari ini, Senin (30/10/2023) bertempat di Sun Hotel Pangkalpinang dilaksanakan Rapat Koordinasi Antar Daerah Berbatasan dalam Pencegahan, Penyelamatan, dan Penanggulangan Kebakaran dan Non Kebakaran yang Cepat, Tepat dan Responsif. Rakor ini sebagai bentuk sinergi Pemadam Kebakaran Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan damkar Kabupaten/kota dalam melaksanakan tugas di daerah berbatasan

“Dengan luas wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, penanganan kebakaran di daerah berbatasan sering terlambat. Salah satu penyebabnya jarak tempuh mobil damkar untuk datang ke lokasi,” ujar Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yamowa’a Harefa melalui Kabid Pencegahan, Penanggulangan, Penyelamatan Kebakaran dan Non Kebakaran, Yurinalika saat membuka rakor.

Penyebab lain minimnya personil pemadam kebakaran dan keterbatasan mobil damkar. Warga yang terlambat melaporkan kejadian kebakaran pun menjadi penyebab terlambatnya penanganan pemadaman kebakaran.

“Penanganan penanggulangan kebakaran harus cepat, tepat, dan responsif, sehingga sinergi yang baik sangat diperlukan,” ujar Yurinalika.

Menurut Peraturan Pemerintah RI Nomor 16 Tahun 2020, salah satu tugas damkar provinsi adalah melakukan kerjasama antar daerah berbatasan, antar lembaga dan kemitraan dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Provinsi dapat bertindak sebagai koordinator dan fasilitator kerjasama dan koordinator.

Rapat koordinasi ini pertama kali diadakan oleh damkar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ke depan, Yurinalika berharap rakor ini dapat dilaksanakan berkelanjutan sehingga mampu meminimalisir permasalahan perbatasan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (G-01/DiskominfoBabel)

Posted in

BERITA LAINNYA

HM Rasyid Ridho Pimpin Kembali DMI Babel

GETARBABEL.COM, PANGKALPINANG — Ustadz HM Rasyid Ridho resmi terpilih kembali…

Selamatkan Balita, Pemuda Imigran Panjat Gedung 4 Lantai Tanpa Alat Bantu

GETARBABEL.COM, PRANCIS — Kisah inspiratif datang dari pria yang layak…

Jelang Pendaftaran Pilkada, Satgas OMP Menumbing Polres Bangka Patroli ke KPU dan Bawaslu

GETARBABEL.COM, BANGKA — Satgas Preventif Operasi Mantap Praja (OMP) Menumbing…

POPULER

HUKUM

1a-oke

IPTEK

2-ok

TEKNOLOGI